Peran Guru dalam Proses Pembelajaran

Diposting pada
Peran Guru dalam Proses Pembelajaran : Jika ditelusuru secara mendalam, proses pembelajaran yang merupakan inti dari proses pendidikan formal di sekolah di dalamnya terjadi interaksi antara berbagai komponen pembelajaran. KOmponen-komponen itu dapat dikelompokan ke dalam tiga kategori utama, yaitu guru, isi, atau materi pembelajaran dan siswa.
Interaksi antara tiga komponen utama melibatkan sarana dan prasarana, seperti metode pembelajaran, media pembelajaran, dan penataan lingkungan tempat belajar, sehingga tercipta situasi pembelajaran yang memungkinkan tercapainya tujuan yang telah direncanakan sebelumnya. Dengan demikian guru memegang peranan sentral dalam proses pembelajaran.
Peran Guru dalam Proses Pembelajaran
Peran Guru dalam Proses Pembelajaran
Pada awal proses pembelajaran peran guru bisa, lebih aktif. Guru memberikan pengetahuan yang dibutuhkan siswa dengan mengemukakan pendapat, bertanya, menjelaskan, memberikan contoh yang akan dipelajari siswa. Selanjutnya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dan berpartisifasi secara nyata menerapkan apa yang telah dipelajarinya dari guru dengan bertanya, 
berpendapat, mengerjakan tugas, berlatih atau mencoba.
Ketika siswa aktif peran guru mulai berubah menjadi lebih pasif, misalnya dengan cara mengawasi atau membimbing siswa dan memberikan feedback. Sebaliknya dari guru, pada awal pembelajaran siswa cenderung pasif. Mereka mendengarkan dan mengamati penjelasan guru. Selanjutnya siswa menjadi lebih aktif dengan mengembangkan pengetahuan yang mereka terima diawal pembelajaran tadi, misalnya dengan melakukan praktek, latihan atau percobaan. Seluruh proses belajar seharusnya memungkinkan siswa aktif hingga berhasil.
Peran guru dalam proses pembelajaran yang dapat membangkitkan aktivitas siswa setidak-tidaknya menjalankan tugas utama, berikut ini :
  1. Merencanakan Pembelajaran
  2. Melaksanakan pembelajaran
  3. Mengevaluasi pembelajaran
  4. Memberikan umpan balik

Incoming search terms:

  • peranan guru dalam proses pembelajaran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *